Profil Desa

http://rantaufajar-lampungtimur.desa.id/file/logo/lamtim.png

GAMBARAN UMUM KONDISI DESA

 

  1. Sejarah Desa

 

      1.1. Asal-usul/Legenda Desa

Desa Rantau Fajar dibuka oleh jawatan transmigrasi pada tahun 1957, oleh jawatan pembukaan tanah wilayah sukadana dengan membuka tanah-tanah yang masih berupa hutan rimba belantara, setelah dibuka kemudian didatangkan penduduk transmigrasi dari pulau jawa. Pada tanggal 08 Agustus 1957 Desa Rantau Fajar didatangi oleh transmigrasi dari rayon Solo, Yogyakarta, Banyumas, Jawa Timur dan Pekalongan sejumlah 400 KK dedngan jumlah jiwa 1.317 Orang.

 

                 Setelah kepadatan penduduk diatur, diatas dan dibenahi penempatanya oleh jawatan transmigrasi dibentuklah kepala rombongan tiap-tiap dusun dibawah jawatan transmigrasi, Nama Desa Rantau Fajar ini dahulunya adalah Desa Paku Rejo Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Metro dibawah kewedanaan Sukadana.

 

                 Pada bulan Desember 1957 Desa Paku Rejo diadakan pemiliihan Kepala Kampung, calon Kepala Kampung tersebut adalah calon tunggal atas tunjukan jawatan transmigrasi dari Jawa Timur yang bernama Amir. Menjadi Kepala Kampung Paku Rejo memimpin dengan baik dan dibantu oleh kepala rombongan tiap-tiap Dusun , setelah Amir memimpin selama 5 tahun pada taahun 1957-1963 diadakan pemilihan Kepala Desa Paku Rejo, adapun calon tunggal bernama S.Hadi Suwono terpilih menjadi Kepala Desa. Nama Desa Paku Rejo kurang cocok kalau ditempati oleh transmigrasi subrayon tersebut diatas, karena orang yang ditransmigrasikan ke Desa Paku Rejo ini adalah sifatnya merantau dan mencari ketenangan karna rata-rata orang yang ditransmigrasikan ini adalah orang-orang kurang mampu, maka Desa Paku Rejo diubah namanya menjadi Desa Rantau Fajar yang diartikan Rantaun = Merantau sedangkan Fajar = Pagi(Terang) jadi kesimpulan mengubah nama  Desa Menjadi Rantau Fajar ini dengan arti Orang Merantau Mencari Penerangan.

 

Desa Rantau Fajar mempunyai luas wilayah 80 Ha, Pada saat ini penduduknya berjumlah 3.465 jiwa yang terdiri dari 1.077 Kepala Keluarga dengan batas -  batas sebagai berikut :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Rejo Katon
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Rejo Binangun
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Rukti Endah
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Raman Endra

 

 

Desa Rantau Fajar dari tahun 1957-1962 Desa Rantau Fajar masuk dalam Kecamatan Seputih Raman, dan mulai tahun 1963 dialihkan ke Kecamatan Raman Utara dengan alasan agar lebih dekat dengan Wiayah Kecamatan Raman Utara dibandingkan dengan Kecamatan Seputih Raman. Desa Rantau Fajar Kecamatan Raman Utara dalam pembangunan maju pesat dipimpin oleh S.Hadi Suwono sebagagi pejabat Kepala Desa Rantau Fajar dari tahun 1963-1969. dan pembangunan terus dilaksanakan oleh Kepala Desa yang menjabat Berikutnya,sampai dengan yang menjabat saat ini. 

Download Profil Lengkap